RSS

Kamis, 08 Maret 2012

LAPORAN PENILAIAN TERNAK UNGGAS AYAM PETELUR


LAPORAN PENILAIAN TERNAK UNGGAS
AYAM PETELUR




DISUSUN OLEH  :
                                                    KELOMPOK 2D


M. MIZANI ADLAN                          D1E010121
YUDI UTOMO                                   D1E010125
FEBY AFME                                       D1E010147
DINI RACHMADAINI K                   D1E010150
NUR FITRIYANI                                D1E010155
ERLINDANI   SETYA M                   D1E010165
MOH. FAHMI MUBAROK               D1E010169
                        SEPTI 



LABORATORIUM TERNAK UNGGAS
FAKULTAS PETERNAKAN
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
PURWOKERTO
2011



I.                   PENDAHULUAN

1.1                Latar Belakang
Ayam petelur adalah ayam-ayam betina dewasa yang dipelihara khusus untuk diambil telurnya.Asal mula ayam unggas adalah berasal dari ayam hutan dan itik liar yang ditangkap dan dipelihara serta dapat bertelur cukup banyak.Tahun demi tahun ayam hutan dari wilayah dunia diseleksi secara ketat oleh para pakar.Arah seleksi ditujukan pada produksi yang banyak, karena ayam hutan tadi dapat diambil telur dan dagingnya maka arah dari produksi yang banyak dalam seleksi tadi mulai spesifik.Ayam yang terseleksi untuk tujuan produksi daging dikenal dengan ayam broiler, sedangkan untuk produksi telur dikenal dengan ayam petelur.Selain itu, seleksi juga diarahkan pada warna kulit telur hingga kemudian dikenal ayam petelur putih dan ayam petelur cokelat.Persilangan dan seleksi itu dilakukan cukup lama hingga menghasilkan ayam petelur seperti yang ada sekarang ini.Dalam setiap kali persilangan, sifat jelek dibuang dan sifat baik dipertahankan (“terus dimurnikan”).Inilah yang kemudian dikenal dengan ayam petelur unggul.
Ayam ras petelur merupakan hasil rekayasa genetis berdasarkan karakter-karakter dari ayam-ayam yang sebelumnya ada.Perbaikan-perbaikan genetik terus diupayakan agar mencapai performance yang optimal, sehingga dapat memproduksi telur dalam jumlah yang banyak. Salah satu keuntungan dari telur ayam ras petelur adalah produksi telurnya yang lebih tinggi dibandingkan produksi telur ayam buras dan jenis unggas yang lain. Memilih ayam petelur memerlukan keahlian tersendiri, baik keahlian yang didapat dari pengalaman maupun dari belajar dengan banyak peraktek pada ahlinya.Pemilihan ayam petelur diperlukan guna mendapatkan produktivitas peternakan yang tinggi dengan menerapkan sistem seleksi untuk mengeluarkan ayam-ayam yang rendah produksinya.
            Pemilihan/ seleksi ayam petelur dapat dilakukan dengan cara fisual, pengamatan fisik dan produktivitasnya. Pemilihan tersebut dapat dilaksanakan dengan pengamatan- pengamatan pada bentuk fisik ayam ; misalnya : bentuk tubuh, warna kaki, tingkah laku ayam, keadaan vent dan sebagainya. Bentuk tubuh ayam yang lebar dan dalam, panjang, bagian perut belakang ( vent ) membulat dan berbentuk besar dan lunak merupakan cirri-ciri ayam yang produktivitasnya tinggi. Selain itu ciri-ciri ayam yang produktivitasnya tinggi misalnya tingkah laku yang selalu aktif, paruh pendek dan kuat, jengger yang merah dan cerah, pertumbuhan yang normal selama pemeliharaan dan sebagainya.

1.2             Tujuan
a.       Mampu menilik atau menilai seekor ternak unggas (ayam petelur)
b.      Mampu membedakan unggas tipe ringan, medium, dan tipe berat ayam petelur.

1.3             Waktu dan Tempat
Praktikum penilaian ternak unggas dilaksanakan pada hari Rabu pada tanggal 7 Desember 2011 pukul 13.15 WIB s.d selesai.Praktikum ini bertempat di Laboratorium Ternak Unggas, Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.



II.                TINJAUAN PUSTAKA
Ayam petelur tubuhnya relatif lebih kecil.Produksi telurnya antara 250 sampai 280 butir per tahun. Telur pertama dihasilkan pada saat berumur 5 bulan dan akan terus menghasilkan telur sampai umurnya mencapai 10 - 12 tahun. Umumnya, produksi telur yang terbaik akan diperoleh pada tahun pertama ayam mulai bertelur. Produksi telur pada tahun-tahun berikutnya cenderung akan terus menurun. Ada dua pilihan untuk ayam petelur ini yang dibedakan dari warna telurnya, yaitu:
1)      Telur berwarna putih
Ayam petelur dengan telur berwarna putih yang terbaik adalah dari Jenis ras Leghorn.Hanya saja ayam ini suka terbang dan sangat berisik.Jenis ras lainnya yang menghasilkan telur putih diantaranya adalah Minorcas.Anconas, dan California White.
2)      Telur berwarna coklat
Petelur dengan telur berwarna coklat yang terbaik adalah dari Jenis ras Production Red.Ayam hibrida ini adalah hasil perkawinan silang dari ayam petelur Rhode Islands Red dan New Hampshire.Sedangkan ayam ras Rhode Islands Red dan New Hampshire sendiri sudah tergolong sebagai ayam petelur yang baik dalam menghasilkan telur berwarna coklat (www.peternakan.com).
Ternak ayam petelur adalah ayam betina yang khusus di ambil telurnya.Ayam petelur dapat mendatangkan penghasilan yang lumayan jika dilakukan secara intensif.Berikut ini adalah jenis-jenis ayam petelur.Ayam petelur ada dua jenis, yaitu Ayam petelur medium dan ayam petelur ringan.
1) Tipe Ayam Petelur Ringan.
Tipe ayam ini disebut dengan ayam petelur putih.Ayam petelur ringan ini mempunyai badan yang ramping/kurus-mungil/kecil dan mata bersinar.Bulunya berwarna putih bersih dan berjengger merah.Ayam ini berasal dari galur murni white leghorn. Ayam galur ini sulit dicari, tapi ayam petelur ringan komersial banyak dijual di Indonesia dengan berbagai nama. Setiap pembibit ayam petelur di Indonesia pasti memiliki dan menjual ayam petelur ringan (petelur putih) komersial ini.Ayam ini mampu bertelur lebih dari 260 telur per tahun produksi hen house.Sebagai petelur, ayam tipe ini memang khusus untuk bertelur saja sehingga semua kemampuan dirinya diarahkan pada kemampuan bertelur, karena dagingnya hanya sedikit. Ayam petelur ringan ini sensitif terhadapa cuaca panas dan keributan, dan ayam ini mudah kaget dan bila kaget ayam ini produksinya akan cepat turun, begitu juga bila kepanasan.
2) Tipe Ayam Petelur Medium.
Bobot tubuh ayam ini cukup berat.Meskipun itu, beratnya masih berada di antara berat ayam petelur ringan dan ayam broiler.Oleh karena itu ayam ini disebut tipe ayam petelur medium.Tubuh ayam ini tidak kurus, tetapi juga tidak terlihat gemuk.Telurnya cukup banyak dan juga dapat menghasilkan daging yang banyak.Ayam ini disebut juga dengan ayam tipe dwiguna.Karena warnanya yang cokelat, maka ayam ini disebut dengan ayam petelur cokelat yang umumnya mempunyai warna bulu yang cokelat juga. Dipasaran orang mengatakan telur cokelat lebih disukai daripada telur putih, kalau dilihat dari warna kulitnya memang lebih menarik yang cokelat daripada yang putih, tapi dari segi gizi dan rasa relatif sama. Satu hal yang berbeda adalah harganya dipasaran, harga telur cokelat lebih mahal daripada telur putih.Hal ini dikarenakan telur cokelat lebih berat daripada telur putih dan produksinya telur cokelat lebih sedikit daripada telur putih. Selain itu daging dari ayam petelur medium akan lebih laku dijual sebagai ayam pedaging dengan rasa yang enak (Rasyaf,1996).
Menurut Sudarmono (2003) ayam ras petelur  mempunyai sifat-sifat unggul  yaitu sebagai berikut :
a)      Laju pertumbuhan ayam ras petelur sangat pesat pada umur  4,5-5,0 bulan telah mencapai kedewasaan kelamin dan bobot badan antara 1,6 kg-1,7 kg, pada waktu itu sebagian dari kelompok ayam tersebut telah berproduksi. Adapun ayam kampung pada umur yang sama, bobot badannya baru mencpai sekitar 0,8 kg kedewasaan kelamin ayam kampung baru dicapai pada umur 7-8 bulan.
b)      Kemampuan berproduksi ayam ras petelur cukup tinggi yaitu antara 250-280 butir/tahun, dengan bobot telur antara 50-60 g/butir. Sedangkan produksi  ayam kampung hanya berkisar antara 30-40 g/butir  
c)      Kemampuan ayam ras petelur dalam memanfaatkan ransum pakan sangat baik dan berkorelasi positif. Konversi terhadap penggunaan ransum cukup bagus yaitu setiap 2,2 kg -2,5 kg ransum dapat menghasilkan 1 kg telur. Dalam hal ini, ayam kampung tidak memiliki korelasi positif dalam memanfatkan ransum  yang baik dan mahal. Oleh karena itu, ayam kampung lebih ekonomis bila diberi pakan yang murah.
d)      Periode bertelur ayam ras petelur lebih panjang, bisa berlangsung 13-14 bulan, atau hingga ayam berumur 19-29 bulan, walaupun ayam ras hanya mengalami satu periode bertelur, akan tetapi periode bertelurnya tersebut berlangsung sangat panjang dan produktif. Hal ini disebabkan karena tidak adanya periode mengeram pada ayam ras petelur tersebut. Sedangkan ayam kampung mengalami periode bertelur berkali-kali, namun satu periode bertelurnya berlangsung sangat pendek, yaitu sekitar 15 hari .periode bertelur ayam kampung terputus-putus, karena ayam kampung memiliki sfat atau periode mengeram.
Adapun mengenai kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh ayam ras petelur, yaitu sebagai berikut :
a)      Ayam ras petelur sangat peka terhadap lingkungan kemampuan adaptasi terhadap lingkungan lebih rendah bila dibandingkan dengan ayam kampung. Ayam ras petelur lebih mudah mengalami stress.
b)      Tuntutan hidup ayam ras petelur tinggi yaitu selalu menuntut pakan dalam jumlah dan kualitas yang tinggi air minum yang cukup, dan menggantungkan diri sepenuhnya pada peternak. Sehingga dengan demikian ayam ras petelur tidak cocok diternakan secara ektensif 
c)      Memiliki sifat kanibalisme yang lebih tinggi dari pada ayam kampung, walaupun secara umum ayam ras memiliki beberapa keunggulan, akan tetapi jika kita membeli bibit ayam ras tersebut, tetap harus diteliti terlebih dahulu.

Ayam petelur memiliki dua fase, yaitu fase starter (umur 0 – 4 minggu) dan fase finisher (umur  4 – 6 minggu). Pemberian pakan dibedakan menurut fase umur tersebut.Perbedaannya terletak pada persentase zat gizi dan kuantitas pakan.
1. Pakan Fase Starter
Pakan fase starter tediri atas: protein 22 – 24%, lemak 2,5%, serat kasar 4%, kalsium 1%, dan fosfor 0,7 – 0,9%.Kuantitas pakan dibedakan menurut golongan umur, yakni sebagai berikut.
* Minggu pertama (umur 1 – 7 hari): 17 gram/hari/ekor.
* Minggu kedua (8 – 14 hari): 43 gram/hari/ekor.
* Minggu ketiga (umur 15 – 21 hari): 66 gram/hari/ekor.
* Minggu keempat (umur 22 – 29 hari): 91 gram/hari/ekor.
2. Pakan Fase Finisher
Pakan fase finisher terdiri atas: protein 18,1 – 21,2%, lemak 2,5%, serat kasar 4,5%, kalsium 1%, dan fosfor 0,7 – 0,9%.Kuantitas pakan dibedakan menurut golongan umur, yakni sebagai berikut.
* Minggu kelima (umur 30 – 36 hari): 111 gram/ hari/ ekor.
* Minggu keenam (37 – 43 hari): 129 gram/ hari/ ekor.
* Minggu ketujuh (umur 44 – 50 hari): 146 gram/ hari/ ekor.
* Minggu kedelapan (umur 51 – 57 hari): 161 gram/ hari/ ekor.
Selain pakan, ayam juga diberi minum.Air minum untuk hari pertama sebaiknya ditambah gula sebanyak 50 gram per 1 liter air dan obat antistres (palingupdate.info).





III.             HASIL

3.1    Gambar Ayam Petelur
a.       Tampak dari depan



b.      Tampak dari samping



c.       Tampak dari atas



d.      Tampak dari belakang



Faktor Penilaian
Penilaian Ayam Petelur
Kesehatan dan Kelincahan
Sehat, mata bersinar, tegap
Keadaan Bulu
Bulunya halus, tertutup sempurna
Konfirmasi/Keserasian
Normal
Sternum/Tulang Dada
Normal dan bagus
Punggung
Normal/rata
Sayap/Lengan dan finger
Rapat dengan badan
Fleshing/Perdagingan
Dada sempit/tipis/perdagingan sedikit
Shank dan digiti
Bersisik sedikit dan rata kanan-kiri
Cacat
Mulus tanpa kelainan
Sobekan, Patah Tulang, Memar
Bebas
Lemak Bawah Kulit
Sedikit
Tulangpubis
Jarak tulang pubis 3 jari, kenyal, elastis
Bentuk paruh
Paruh bawah lebih panjang dibanding paruh atas
Warna paruh
Kuning
Kloaka (dubur)
Kecil, kering, berkerut
Jengger dan Pial
Besar, merah menyala mengkilap
Kepala
Halus, ramping, cerah
Kaki
Panjang, cerah, kokoh
Kulit
Tipis, halus, longgar
3.2Penilaian Ayam Petelur















IV.              PEMBAHASAN
Ayam petelur (layerpullet dikatakan berkualitas jika memiliki karakteristik seperti di bawah ini:
1.      Memiliki ciri fisik ayam petelur yang baik
Seleksi dilakukan terhadap ayam berciri petelur yang buruk dan memiliki kelainan fisik seperti cacat, carrier atau pembawa penyakit dan “bantet” atau berat badan tidak bisa meningkat serta frame size tidak berkembang.Ayam yang berciri fisik petelur yang buruk, “bantet” atau cacat sebaiknya di-culling agar tidak merugikan peternak.Lakukan culling rutin setiap minggu selama grower.Beberapa ciri fisik ayam petelur yang baik  burukdijelaskan dalam tabel berikut ini:
Bagian Tubuh
Ciri Petelur yang Baik
Ciri petelur yang Buruk
·     Kepala dan muka
·        Halus, lebar, merah, cerah
·      Kasar, kecil, dan pucat
·     Jenggel dan Pial
·        Halus, lembab, lebih lebar, merah
·      Pucat, keriput (kering), tebal seperti ayam jantan, mengecil dan jantan
·     Mata
·        Bercahaya dan cerah
·      Malas dan sayu
·     Tulang Pubis
·        Kecil, kenyal, elastis, dan berjauhan
·      Besar, kaku, dan terletak berdekatan
·     Perut
·        Halus, penuh, dan elastis
·      Keras, berlemak, dan kontaksi (mengkerut)
·     Kloaka (dubur)
·        Lebar, basah, dan pucat
·      Kecil, kering, keriput, dan kontraksi
·     Kulit
·        Tipis, halus, dan longgar
·      Tebal, melekat pada tubuh dan dibawah kulit berlemak
·     Badan
·        Lebar dan dan dalam
·      Sempit
·     Bulu
·        Lengkap, padat, dan mengkilap
·      Gugur (rontok dan suram)
·     Kaki
·        Panjang, cerah, dan kokoh
·      Kecil dan pucat




2. Berat badan sesuai standar dari breeder
Berat badan merupakan indikator kualitas pullet yang paling mudah diamati.Dengan penimbangan rutin, peternak bisa menilai apakah pullet sudah dikatakan berkualitas atau belum.Berat badan hendaknya tercapai tiap minggunya. Jika ada ayam dengan bobot badan yang rendah (kurang dari 10% di bawah standar) atau memiliki frame size kecil maka segera pisahkan. Beri perlakuan khusus agar dapat mengejar ketinggalan bobot badan.Tambahkan beberapa gram ransum harian ayam.
Ayam dengan berat badan lebih dari 10% terhadap standar diberikan ransum lebih sedikit dari standar.Jumlah ransum dikurangi beberapa gram, maksimal 15% konsumsi ransum harian.Lakukan beberapa hari hingga berat badan sesuai standar. Tindakan ini akan sedikit menghemat ransum, menurunkan lemak, memperbaiki Feed Convertion Rate (FCR), menurunkan kematian saat masa produksi dan mencegah kematian saat masa produksi dan mencegah pematangan kelamin ayam dini. Teknik pembatasan ransum ini mesti dilakukan dengan cermat dan teliti.Hal-hal seperti peningkatan resiko kematian, kanibalisme dan pertumbuhan tidak merata harus tetap diperhitungkan.Jika tidak maka teknik ini lebih cenderung membawa kerugian daripada keuntungan.

3. Kerangka tubuh (frame size) optimal <12 minggu
Frame size yang terbentuk sempurna akan sangat mendukung pencapaian puncak produksi yang optimal dan memiliki persistensi (lama bertahan di puncak) produksi yang lama. Frame size diamati berdasarkan postur tubuh ayam
.
4. Keseragaman >85% (berat badan, frame size dan kematangan seksual
Penyeragaman berat badan dilakukan melalui penimbangan berat badan rutin. Keseragaman >85% berarti dari 100 ekor ayam minimal terdapat 85 ekor ayam yang berat badannya +10% terhadap standar. Segera setelah penimbangan, peternak membagi ayam-ayam tersebut dalam kandang berbeda berda-sarkan berat badan danframe size-nya. Hal ini akan memudahkan peternak dalam mengamati perkembangan performa ayam dan menentukan jumlah konsumsi ransum ayam (http://info.medion.co.id).
Menurut kusumo (2010), faktor-faktor yang perlu diperhatikan ayam petelur yaitu, ukuran tubuh, berat tubuh, kerangka tubuh (frame), cacat fisik, status kesehatan.Berat tubuh bukanlah ukuran mutlak terhadap kualitas ayam petelur, karena pada banyak kasus, ayam-ayam yang produktivitasnya bagus, justru mengalami keterlambatan kedewasaan.Faktor yang jauh lebih penting untuk diperhatikan adalah kerangka tubuh (frame), karena merupakan refleksi dari kemampuan ayam untuk bereproduksi. Beberapa karakteristik ayam yang produktif dan kurang produktif dijelaskan dalam tabel dibawah ini:

Karakter
Ayam petelur produktif
Ayam petelur kurang produktif
Jengger dan pial
Besar, merah menyala, mengkilap
Kecil, kusam, keriput
Kepala
Ramping, halus, cerah
Gemuk, lemah
Mata
Cerah, menonjol
Redup, cekung
Lingkar mata
Putih, pucat
Kuning
Paruh
Putih, pucat
Kuning
Perut
Dalam, lembut, lentur
Dangkal, keras, kencang
Tulang pubis
Fleksibel, lebar
Kaku, rapat
Anus
Besar, basah, pucat
Kecil, kering, berkerut, kuning

Ayam petelur  ada yang bertelur dan ada yang tidak bertelur memiliki ciri-ciri seperti pada ayam petelur atau ayam breeder layer, breeder layer sebagai berikut :
1)      Ciri ayam bertelur
§  Bagian jengger dan pial terlihar bersinar, dan tidak terlihat pucat.
§  Bagian kloaka,ayam yang bertelur akan terlihat cairan (lembab) dan tidak kering, bagiananus terbuka dengan lebar atau tidak menyempit.
§  Tulang pubisatau tulang pinggul belakang, selalunya sangat pleksibel dan lentur, dan berjarak antara 3 jari orang dewasa.
§  Bagian abdomen: pada bagian abdomen sangat lentur lembut dan terasa dalam bila di sentuh oleh tangan dan tidak keras.
2)      Ciri ayam yang tidak bertelur
§  Bagian jengger dan vial terlihat pucat dan tidak bersinar, jengger kecil tidak cerah dan tidak mengkilap, pial kecil dan warna yang memudar.
§  Bagian kloaka, ayam yang tidak bertelur sangat terlihat kering dan lubang kloaka yang kecil, dan tidak lembab.tidakterlihat kandungan air di bagian kloaka ayam yang tidak bertelur.
§  Jarak antara tulang pubis, ayam yang tidak bertelur jarak antara tulang pubis sangat sempit, biasanya kurang dari 2 jari orang dewasa, dan tentunya sangat berlainan dengan ayam yang bertelur yang memilikijarak yang sangat lebar.
§  Bagian abdomen ayam yang tidak bertelur bila di raba sangat keras, dan tidak lentur, dan tidak dalam (dangkal) bila di raba. Bagian abdomenbiasanya hanya berjarak antara 2 jari saja, dan sangat sempit (www.muksin.com).
Penilaian ternak unggas yang digunakan adalah ternak ayam petelur.Faktor penilaian ternak ayam petelur dinilai dari kesehatan dan kelincahan, keadaan bulu, konfirmasi/keserasian, sternum/tulang dada, punggung, sayap/lengan dan finger, fleshing/perdagingan, shank dan digiti, cacat, sobekan, patah tulang, memar, lemak bawah kulit, jengger dan pial, anus, kepala, bentuk dan warna paruh. Hasil penilaian yang didapat dari ternak ayam petelur tersebut yaitu dapat dilihat dari ciri-ciri ayam petelur yang baik dan buruk bahwa ayam petelur tersebut termasuk ciri-ciri ayam petelur yang baik, karena ciri-ciri ayam petelur tersebut sesuai dengan ciri-ciri yang disebutkan seperti jengger dan pial terlihat cerah dan lebar; kepala dan muka ayam petelur terlihat halus, lebar, merah, cerah; mata bercahaya dan cerah; kaki panjang, cerah dan kokoh; bulu padat, lengkap, dan mengkilap; perut halus, penuh, da elastis; tulang dada/sternum normal; serta tulang pubis tersebut berjarak 3 jari dewasa yang berarti termasuk ayam petelur yang baik. Sedangkan dilihat dari karakteristik produktif dan kurang produktif, ayam petelur tersebut termasuk ayam yang kurang produktif dikarenakan ayam tersebut sudah afkir, sesuai dengan kusumo (2010) yang menyebutkan bahwa ayam yang kurang produktif memiliki ciri-ciri paruh yang berwarna kuning, karena kurangnya pakan yang mengandung mineral serta kloaka (dubur) yang terlihat kecil, kering, berkerut, dan kuning (http://info.medion.co.id).



V.                 KESIMPULAN

1.      Ayam petelur yang baik memiliki ciri-ciri yaitu, kepala dan muka terlihat halus, lebar, merah, cerah; jenggel dan pial terlihat halus, lembab, lebih lebar, merah; mata terlihat bercahaya dan cerah; tulang pubisdiraba kecil, kenyal, elastis, dan berjauhan jaraknya 3 jari; perutdiraba halus, penuh, dan elastis; kloaka (dubur) terlihat lebar, basah, dan pucat; kulit terlihattipis, halus, dan longgar; badan terlihatlebar dan dalam; bulu terlihat lengkap, padat, dan mengkilap serta kaki terlihat panjang, cerah, dan kokoh.
2.      Ayam petelur ringan ini mempunyai badan yang ramping/kurus-mungil/kecil dan mata bersinar. Bulunya berwarna putih bersih dan berjengger merah sedangkan ayam petelur medium memliki bobot tubuh cukup berat meskipun itu, beratnya masih berada di antara berat ayam petelur ringan dan ayam broiler. Oleh karena itu ayam ini disebut tipe ayam petelur medium. Tubuh ayam ini tidak kurus, tetapi juga tidak terlihat gemuk. Telurnya cukup banyak dan juga dapat menghasilkan daging yang banyak.



DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2008. Cara Memelihara Ayam Negeri. http://www.peternakan.com/Tip/Ayam/topik01, diakses pada 10 Desember 2011.

Anonim.2009. Membentuk Pullet Berkualitas.http://info.medion.co.id/index.php/artikel/layer/tata-laksana/pullet-berkualitas, diakses pada 10 Desember 2011.

Anonim.2011. Ciri Ayam Bertelur dan Tidak Bertelur.http://www.muksin.com/2011/04/ciri-ayam-bertelur-dan-tidak-bertelur, diakses pada 10 Desember 2011.
Anonim. 2011. Ternak Ayam Petelur. http://palingupdate.info/ternak-ayam-petelur, diakses pada 10 Desember 2011.
Kusumo, Prass. 2010. Seleksi Ayam Petelur.http://pkppullet.blogspot.com/2010/02/seleksi-ayam-petelur, diakses pada 10 Desember 2011.
Rasyaf, Muhammad. 1996.Berternak Ayam Kampung. Bogor: Swadaya.
Sudarmono, A.S. 2003.Pedoman Pemeliharaan Ayam Ras Petelur. Jakarta: Penebar Swadaya.

7 komentar:

Hendra Setiawan mengatakan...

Maaf mbak,aq baru mullai ternak ayam petelur,mau ttanya2 nih. :)
Pubis tu yang mana ya mbak?
Aq ga tau,hehehe
Makasih

Hey You mengatakan...

BONUS 10% EVERY DAY

Perizinan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg sediakan jasa layanan guna permulaan akun permainan judi atau taruhan online guna kamu di agen judi online yang berkedudukan International, sahih dan terpercaya hanya di zeusbola.biz.

Juga Sebagai Agen Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan perseroan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man untuk beroperasi juga sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

sabung ayam s1288

Ayo daftar sekarang di zeusbola.biz

DewaZeus mengatakan...

BISA DEPOSIT VIA PULSA XL

DewaZeus adalah partner dari situs ZeusBola, yg merupakan mater master bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Zeusbola.

Juga Sebagai Perutusan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn perseroan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang penguasa Isle of Man untuk beroperasi sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

https://dewazeus.site/tips-penting-memilih-agen-poker-online-deposit-via-pulsa-terpercaya/
https://dewazeus.site/situs-poker-online-deposit-via-pulsa-termurah-hanya-25rb/
wa zeusbola

Ayo daftar sekarang di dewazeus.site

Agen Bola Terpercaya mengatakan...

BANYAK PROMO DISINI

Agen Poker pulsa Terpercaya Di Indonesia, situs badal Poker Online menahan pulsa yaitu sewarna biang judi yang menyerukan pergelaran poker online pada waktu ini sudah sekali ringan degnan hadirnya pergelaran ini judi online deposit melewati pulsa kemudahan berbobot bersikap disebuah pergelaran poker online yang pintar kita jumpai masa ini memang buah berusul makin meningkatnya waktu dan teknologi masa ini didalam atraksi andalan online. Berdasarkan cukup memperhadapkan pulsa seperti hartakekayaan sedimen pergelaran di zeus bola online, petugas sudah menggabai putaran yang mega menggadang serta memboyong permainan.

Bersikap menyerukan pulsa didalam pertunjukan poker online jelasnya emang tentu kian melatakan pemain waktu agan mengamalkan tontonan tagan online. Sehubungan masuknya sedimen lewat pulsa maka personel bakal mampu atas sederhana berat berlagak beserta berperan juara didalam sama pertunjukan poker. Atraksi poker online sedimen melalui pulsa pastinya akan menjangkau beberapa nilai bertingkah yang kuasa berwujud pulsa cuma atau berbentuk uang legal didalam sebuah permainan judi online.

BACA JUGA:
http://134.209.98.69/keuntungan-main-judi-lewat-pulsa-di-zeusbola-win/
http://134.209.98.69/langkah-mencari-bandar-judi-pakai-pulsa-terpercaya/
http://134.209.98.69/keuntungan-main-judi-lewat-pulsa-telkomsel-xl/


Ayo daftar sekarang hanya di ZeusBola

Doyan Main mengatakan...

Live Casino Winning303 Hadirkan Permainan Casino Kelas Dunia
Permainan Populer Dunia Semua Kami Hadirkan Disini Seperti :
-Baccarat
-Dragon Tiger
-Sic Bo
-Roulette
-Bull Fight
-Fish Prawn Crab
-Black Jack
-Super Fantan
-Super Hi-Lo
-Super 3 Picture

Jangan Sampai Ketinggalan Ya...
Dapatkan Bonus New Member 20% Langsung...

Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
1. Sportsbook
2. Poker
3. Slot Online
4. Lottery/Togel
5. Sabung Ayam

Hubungi Kami di :
Customer Service 24 Jam
WA: +6287785425244

moris mengatakan...

Sering Kalah Bermain Poker atau Permainan Lain?? Butuh Konsultasi Seputar Poker atau Permainan Lain Agar Menang Terus??
Dapatkan Trik dan Tips Jitu dari Donaco Poker...
Cukup Daftar menjadi Member saja..!!
Pendaftaran Gratis!!
Dapatkan Info Freechip Terbaru Dari Donaco Poker..

Nikmati juga kemudahan dalam bertransaksi menggunakan OVO,DANA,GOPAY,PULSA Donaco Poker...

Dapatkan Juga
- Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
- Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
- BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
- BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
- BONUS KEJUTAN LAINNYA

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662

msmcalista mengatakan...

Perjudian Sabung Ayam kini dapat dengan mudah dinikmati oleh berbagai kalangan. Tidak perlu pusing Museumayam hadir dengan menyediakan layanan deposit via pulsa tanpa potongan untuk game sabung ayam online. Tunggu apa lagi mari gabung dan nikmati taruhan sabung ayam via pulsa tanpa potongan.

Menyedikan Juga Berbagai Permainan Terpopuler Lainnya Seperti Taruhan Sepak Bola, Live Casino, Poker, Bola Tangkas, Togel SGP,HK,SDY, Tembak Ikan Online, Slot Games, Dan Masih Banyak Lainnya. Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya

Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
* Semua Bank Lokal Indonesia
* Pulsa
* OVO
* Gopay
* Dana
* Linkaja

PROMO MUSEUMAYAM SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !
* BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
* BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
* BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
* BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
* BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
* BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%

Contact Resmi MuseumAyam
WA : +6282267932581
LINE : museumpoker
Telegram : +6282267932581

Agen Togel Online
Museumbola Livecasino
Sabung Ayam club388
togel online
Museum Ayam
Poker Online Pulsa
Agen Togel Pulsa
Bandar Togel Pulsa
Togel Online Pulsa

Posting Komentar